photo NewPicture-1.png

Pantai Goa China (ʃƪ˘˘ﻬ) ♥ ♥ Pantai Bajol Mati

Hap..Hap.. Hap.. Saya datang.. \(´`)/
Okay blog, I want sharing about last my vacation with Para Mbood.. Planning vacation ini sebenernya uda lama.. Sekitar 2 bulan yang lalu.. Rencana ini muncul karena ada salah satu personil Para Mbood alias Clara yang mau married dan sebelum married pengennya bisa berlibur bareng.. Awalnya berencana mau ke Bromo tapi karena banyak yang tidak bisa(termasuk aku) karena alasan “dan ini dan itu”.. Akhirnya batal deh.. Lalu kita sepakat memutuskan alternative lain yang memungkinkan semua personil Para Mbood bisa ikut. Akhirnya sekitar seminggu yang lalu, aku dan Nenno, Geby, Indah, Tutik, Nadia alias Para Mbood memutuskan ke Pantai Bajol Mati dan Pantai Goa China..

Kita sepakat bekumpul dirumah Nadia, soalnya planning awal kita berangkat pakek mobilnya Ryan(pacarnya Nadia). Aku sempet sebel sih, bayangin coba woro-woronya ngumpul jam 5 pagi ontime, but pas aku uda nyampe mana yang lain malah ngaret.. ( ˘̶̯̀•˘̶́) Mana yang Clara batal ikut lagi.. Padahal kita bela-belain ngumpul kan buat dia (¯―¯٥) But, It’s Okelah.. Lupakan.. #tsaah
Akhirnya indah dateng.. Dia bawa mobil sendiri sama mas pacarnya, trus gak lama geby juga dateng.. Nah yang paling nyebelin nih si pengong alias tutik.. lamaaa beyud datengnya.. alasannya ada aja tuh anak, masak bilang “Haha.. alarm.ku puasa ngomong mbood. Mangap.. mangap..” dan smuanya pada ga terima sama alasan itu.haha.. Pas uda complete akirnya kita berangkat sekitar jam 7an..

Foto Cantik dulu.. haha..
Baru satu-dua jaman perjalanan perut mendadak dangdut ngeong-ngeong minta makan.. Akhirnya kita mampir ke RM. Sederhana. Kalo kata si Indah, makan nasi padang dulu biar gak koplak.. haha.. Setelah itu lanjut.. But ditengah perjalanan sempet terjadi incident, *ciiiiiiit..bruuuak..* mobilnya Ryan nabrak mobil depan, akhirnya Ryan trun buat tanggungjawab.

Keliatan gak ya kalo mobil depan penyok?
Ternyata mobil depan gak seberapa parah dibandingin mobilnya si Ryan, akhirnya mereka gak minta ganti rugi apa-apa. Untungnya si Ryan ini kan makaniknya Toyota, jadi dia bisa benerin mobilnya sendiri. Hebat kaaaan… Setelah urusan beres, kita lanjut. Selama perjalanan masih sepaneng banget suasananya.. Sampe-sampe kita semua pada pasang sabuk pengaman. Pas uda jam 12 siang kita masuk Kecamatan Sumbermanjing Wetan, ada tiga jalan yang bercabang. Eits..  jangan bingung, ambillah jalan yang ada di tengah, dengan berpanduan papan penunjuk ke arah Pantai Goa Cina. Pantai Goa Cina adalah destinasi pertama yang kita lalui, baru setelahnya Bajul Mati. But kalo pengen  praktis, kita bisa menuju Pantai Bajul Mati terlebih dahulu, baru kemudian menuju ke Goa Cina, hingga bisa langsung pulang ke arah Malang dan Surabaya. Before you enter area, Pantai Bajul Mati yang terletak di Kecamatan Gedangan, kamu bakal menjumpai jembatan sepanjang 90 meter dengan bentuk setengah lingkaran.

Baik ukuran maupun desain strukturnya memukau karena melintang di atas kali yang lebar, dengan pemandangan bukit-bukit karang dan lautan. Dan kita berhenti dulu buat foto-foto. Haha..

Terus ngga sampai 10 menit dari jembatan tadi udah nyampe di Pantai Bajul Mati yang berarti buaya mati. Tapi, sejarah nama pantai ini bukan lantaran pantai ini pernah dipenuhi buaya mati lo yah. Nama Bajul Mati mengacu deretan bukit dan karang di pantai ini yang kalau diperhatikan mirip buaya. Menurut cerita Pantai Bajul Mati ini masih dikelola ala kadarnya oleh penduduk dan pemerintah daerah setempat. Mereka pun baru mengelolanya sejak 2011 lalu. HTMnya murah berro, 1 mobil 6 orang just Rp 30.000, jadi per orang kenak Rp 6.000. kalo yang mau dapet gretongan jadi sopir aja.. soalnya driver digretongin berro. Hehe.. Disini warung yang jual makanan dan minuman sedikit. But it’s okelah.. Akhirnya saatnya berfoto-foto.. then, ini foto-foto narsis kita.. hahay..

Air laut nan bening Pantai Bajul Mati ini menggoda. Tapi ingat, ombak di sini sangat besar dan struktur pantainya curam serta dalam. Makanya, para pengunjung dilarang keras untuk berenang. But, ada satu spot yang aman untuk bermain air, di sebelah barat pantai, itu di pertemuan antara sungai dan laut. Yang unik dari Pantai Bajul Mati adalah, di tengah-tengah lautan terdapat semacam bukit yang njemunuk dari dalam laut. Sayangnya, pantai ini masih sepi pengunjung.

Puas berfoto-foto kita balik keparkiran mobil tapi karena pada laper dan disitu adanya warung mie instan yah akhirnya kita beli itu.. Jam 3an kita lanjut ke Pantai Goa China sekalian balik pulang ke arah Surabaya. Dari Pantai Bajol Mati ke Pantai Goa China ini sekitar 2Km. But 800 meter perjalanan menuju Pantai Goa China ini masi makadam, jadi bikin goyang dombret didalem mobil. Hehe.. HTM ke Pantai Goa China ini lebih murah ternyata, 1 mobil 6 orang, kita Cuma bayar Rp. 25.000 dapet diskon lagi jadi cuma bayar Rp 20.000 soalnya uda kesorean katanya, jadi per orang cuma Rp 5.000 beda Rp 1.000 dari Pantai Bajol Mati Tadi. Hehe.. Pas uda nyampe TKP. Don’t you know ? It’s sooo beautiful..

Oh ya sedikit cerita ya, biar tau.. Pantai ini terletak di kawasan Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini terbentang sepanjang kurang lebih 3 kilometer.  Pantainya terdiri dari batu2 karang ombaknya sedikit ganas masih bisa dibuat mandi atau bermain-main dipinggir pantai. Pantai ini pertama kali ditemukan oleh pertapa China pada tahun 1950. Tetapi baru dipublikasikan ke publik tahun 2007. Ada beberapa fersi cerita sejarah Pantai ini, Konon nama pantai Goa China, di ambil dari Pasutri ( pasangan Suami Istri ) asal Cina yang pernah menempati sebuah Goa di Pantai tersebut. Gua Cinanya sampai sekarang juga sering dipakai untuk bertapa oleh orang-orang sekitar. Tapi ada juga yang bilang penggunaan nama tersebut menurut cerita penduduk setempat bahwa dahulu kala ada seorang biksu sedang bertapa di dalam gua yang terletak di salah satu bukit pantai. Ketika ada orang masuk ke dalam gua tersebut, ia menemukan sang biksu sudah meninggal dan tinggal tulang belulangnya. Biksu itu meninggalkan tulisan mandarin di langit-langit gua dan sebuah mangkuk. Sampai sekarang keponakan si biksu masih sering berkunjung ke gua tersebut untuk mengirimkan doa.

But , aku gak tau yang mana yang bener.. hehe..
Theeeeeen… untuk membuktikan nih foto-foto keindahan Pantai Goa China dan Kita*PARAMBOOD*… hahaha..

Puas foto-foto, akhirnya kita otw pulang..
Pokoknya buat kalian yang mau vacation must kudu harus dateng ketempat ini.. Dijamin bakal narsis deh.. #ELLOH   hahaha… uda sekian ya soal vacation DhadaBhubhay..