photo NewPicture-1.png

SURAT KECIL UNTUK TUHAN


Beberapa bulan lalu waktu lagi onlen ada temen facebook yang bernama Rahmat yang kebetulan temen dari temen SMP-ku merekomendasikan buat liat film yang abis dia liat. Dia bilang bilang filmnya bagus dan sepertinya aku perlu buat liat film itu. dan sebenernya beberapa hari lalu aku udah download filmnya, cuma masi belon ada greget buat liat..
Tp karna malem ini aku ngga bisa tidur, dan ngga tau musti ngapain.. Akhirnya aku kepikiran buat liat film yang direkomendasikan temenku. Film Surat Kecil Untuk Tuhan yang diangkat dari kisah nyata dan novel berjudul sama. Film yang berdurasi 1.41 menit ini uda bikin aku termehek-mehek (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩__-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)

Film ini menceritakan tentang Gita Sesa Wanda Cantika atau yang biasa dipanggil dengan Keke panggian kesayangannya. Keke ini kelahiran 1991 dan dia cukup beruntung, karena lahir dari keluarga yang sangat baik, memiliki dua orang kakak laki-laki dan orang tua yang sangat menyayanginya. Selain itu Keke juga di kelilingi 6 sahabat karib yang selalu setia menemaninya dan hidupnya pun semakin lengkap dengan kehadiran seorang kekasih yang juga begitu menyayanginya yaitu Andy.

HHmmm.. Semuanya tampak begitu sempurna. Sampai akirnya diumurnya yang ke-13 dia dinyatain mengidap kanker ganas. Keke mengidap Rhabdomyosarcoma (Kanker Jaringan Lunak) pertama di Indonesia. Kankernya si keke ini menyerang dibagian pelipis mata yang mengharuskan keke untuk operasi. Tapi papa si Keke ngga mau, karena kalo dioperasi kanker itu akan diambi sampai ke akarnya yang mengakibatkan kehilangan setengah bagian dari wajahnya si Keke. Dan terpaksa memilih untuk menjalani serangkaian kemotrapi dan radiasi hampir setahun lamanya. akibatnya, semua,rambut Keke sedikit demi sedikit mulai rontok, kulitnya mengering, dan sering mual-mual. Selama kemoterapi Keke menuliskan Surat Kecil Untuk Tuhan.

Ketekunan Keke dan keluarganya membuahkan hasil. Keke dinyatakan sembuh dan bisa kembali menjalani aktifitas seperti sedia kala.

Tak dinyana, setahun kemudian, kanker itu kembali, lebih parah dan mematikan. Sadar tak mungkin bertahan, tidak lantas membuatnya meyerah dan kalah. Dia berjanji kepada Tuhan untuk menyelesaikan sekolahnya dan lulus dengan mengikuti ujian walaupun keadaannya sudah lemah dan lumpuh. Semangatnya untuk tetap menjadi yang terbaik tak sedikitpun melemah. Karena dia ingin seperti “bintang Sirius yang tetap bersinar terang walau langit tertutup awan”. Setelah keluarga, sahabat, dan kekasih Keke mengiklaskan kepergiannya akhirnya dia menupkan mata ditahun 2006.

Film ini bener-bener nangis bombay.. :'D
Setelah liat film ini aku jadi mikir..
Kenapa anak sebaik Keke itu diberikan umur yang singkat..?
Kenapa Ir. Soekarno setelah difitnah lalu wafat dengan umur singkat pula..?
Kenapa Lady Diana juga meninggal diumur yang masi muda?
Aku juga jadi keinget kata-kata mantanku 3 tahun yang lalu..
“Phika kamu jadi orang jangan baek-baek.. soalnya orang yang baek itu biasanya umurnya pendek..”
Dan sekarang aku jadi bertanya-tanya
Apakah Tuhan selalu memberikan umur yang pendek untuk orang-orang yang baek? Dan mengepa harus begitu Tuhan?

Hmmm.. tapi Waallahhualam..
Diluar dari semua itu pelajaran yang terpenting sekarang I really thankful for this life dan menikmati setiap detik dengan orang-orang yang aku sayang..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar